Cara Penggunaan Fungsi SUM di Excel untuk Penjumlahan dengan Contoh - OfficeSPSS

Kumpulan Tutorial Office Word, Office Excel, Office Power Point, Office Access dan SPSS

Cara Penggunaan Fungsi SUM di Excel untuk Penjumlahan dengan Contoh


Fungsi SUM artinya adalah menjumlahkan, jadi fungsi SUM dalam Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan isi data berupa angka dalam range tertentu penulisannya. Penulisan FUNGSI SUM dalam Microsoft Excel adalah =SUM(Cell awal :Cell Akhir). Contohnya =SUM(A3:A6) lalu tekan enter.

Maksudnya kita disini akan menjumlahkan Cell dari cell awal ke cell akhir. Untuk lebih memahami perhatikan contoh langkah-langkah penggunaan SUM.

Anda dapat menggunakan rumus sederhana untuk menjumlahkan angka dalam rentang (grup sel), tetapi fungsi SUM lebih mudah penggunaannya saat Anda bekerja dengan lebih dari beberapa angka. Misalnya =SUM(A3:A6) daripada Anda menggunakan fungsi seperti ini = A3 + A3 + A4 + A5 + A6.

Penggunaan SUM dalam menjumlahkan beberapa kolom dan baris sekaligus Anda tinggal mengetikkan perintah = SUM  di dalam cell, diikuti dengan kurung ( lalu select semua cell yang akan dijumlahkan kemudian kurung tutup ) lalu tekan enter.

Rumus SUM:

=SUM(angka1;[angka2];...)

  • SUM : Nama fungsi excel untuk menjumlahkan di excel
  • Angka1 : Argumen angka pertama yang ingin kita jumlahkan.
  • Angka2 : (Opsional) Argumen angka lain yang ingin kita tambahkan. Maksimal sampai 255 Argument

Contoh Lain Fungsi SUM

Dibawah ini contoh penggunaan fungsi SUM


= SUM (3; 3)

Fungsi diatas menambahkan 3 dan 2. Maka hasilnya adalah 6

= SUM ("5"; 15; TRUE)

Fungsi diatas Menambahkan 5, 15 dan 1. Nilai teks "5" terlebih dahulu diterjemahkan menjadi angka, dan nilai logika TRUE terlebih dahulu diterjemahkan menjadi angka 1. Maka hasilnya adalah 21

= SUM (A2:A4)

Menambahkan nilai dari sel A3 sampai dengan A6. Maka hasilnya adalah 45.

= SUM(A2:A4; 15)

Menambahkan nilai di sel A3 hingga A4, lalu menambahkan hasilnya dengan 15. Maka hasilnya adalah 60

= SUM (A5; A6; 2)

Menambahkan nilai dalam sel A5 dan A6, dan lalu menambahkan 2 ke hasil. Karena nilai non-numerik dalam referensi tidak diterjemahkan --> nilai dalam sel A5 ('5) dan nilai dalam sel A6 (benar) diperlakukan sebagai teks --> nilai dalam sel tersebut diabaikan. Maka hasilnya adalah 2

Nah itulah Cara Penggunaan Fungsi SUM pada Excel dengan beberapa contoh penggunaan fungsi SUM, fungsi SUM ini sering digunakan dalam mengolah data di Excel, semoga bermanfaat.

0 comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Subscribe to Our Newsletter